Pasutri123.com

Solusi Masalah Kesehatan Suami-Istri

Berhubungan Setelah Oprasi Caesar, Baiknya Setelah Berapa Hari?

Setelah Anda melahirkan melalui operasi caesar tentu ada ketakutan tersendiri dalam melakukan beberapa aktifitas terutama berhubungan intim bersama suami. Tentu hal ini harus Anda ketahui berapa jeda yang baik setelah operasi caesar agar tidak ada pendarahan dan aman?

Nah, kami di sini akan membantu Anda dalam memahami baiknya kapan berhubungan intim setelah operasi Caesar?

Seperti pertanyaan berikut ini:

Dok, Saya habis melakukan operasi caesar karna setelah melahirkan masih ada 10 hari, bolehkah setelah itu saya melakukan hubungan dengan suami?

Jawaban dokter

Terima kasih atas pertanyaannya kepada Alodokter.com

Sebenarnya saat ini anda masih dalam masa nifas dimana masa ini dimulai sejak wanita mengeluarkan plasenta (ari-ari) hingga beberapa minggu berikutnya (6 minggu setelah melahirkan). Dalam 6 minggu ini tubuh Ibu akan mengalami proses adaptasi dari masa kehamilan, melahirkan, hingga seperti sebelum hamil.

Pada masa ini, terjadi pengeluaran darah dan cairan sisa-sisa kehamilan dari vagina. Menurut para ahli, dianjurkan untuk menunggu hubungan seksual untuk dilakukan paling tidak 4 hingga 6 minggu setelah melahirkan karena organ-organ dalam belum sembuh secara sempurna.

Bagian tubuh Anda yang paling memerlukan perawatan adalah bekas luka sayatan operasi. Karena apabila kurang diperhatikan, maka mungkin saja dapat terjadi lepasnya jahitan atau bahkan infeksi di daerah luka operasi caesar tersebut.

Untuk hubungan seks pada masa ini sebenarnya tidak ada larangan, namun hendaknya perlu diperhatikan apakah Anda sudah siap atau belum untuk melakukan hubungan seksual tersebut. Karena untuk masalah kesiapan ini sifatnya individual. Jadi sebaiknya dibicarakan dengan pasangan untuk masalah hubungan seksual ini.

Berhubungan Pasca Operasi Caesar? Perhatikan Hal Berikut

Kelahiran dengan operasi caesar dilakukan dengan cara yang tidak biasa karena melibatkan pembedahan pada perut dan dinding rahim. Operasi ini biasanya dilakukan di bawah anestesi epidural atau spinal, di mana bagian bawah tubuh akan mati rasa.

Proses operasi membutuhkan waktu sekitar 40-50 menit atau bisa lebih cepat saat situasi darurat. Oleh karena itu, wanita yang melahirkan dengan proses caesar membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa kembali berhubungan seksual.

Berikut hal yang menjadi perhatian ketika memutuskan untuk melakukan hubungan seksual pasca melahirkan dengan cara caesar

1. Senam kegel Pasca Caesar

Wanita yang sudah melalui proses caesar dianjurkan untuk para perempuan pasca melahirkan ketika ingin berhubungan seksual adalah melakukan senam kegel guna mengencangkan otot vagina yang kendor.

2. Pertimbangkan posisi

Sebaiknya Anda dan pasangan mempertimbangkan posisi berhubungan seksual yang tidak membebani bagian perut, seperti posisi menyamping ataupun posisi yang melibatkan penetrasi dari belakang untuk menghindari kontak langsung dengan luka bekas operasi.

3. Kenikmatan saat berhubungan

Pasca melahirkan akan mengakibatkan perubahan keseimbangan hormonal pada kaum ibu yang akan menyebabkan vagina terasa kering karena produksi sekret berkurang. Hal ini tentunya akan sedikit mengurangi kenikmatan saat berhubungan.

4. Meminimalisir rasa sakit

Bagi wanita, jangan lupa untuk beri tahu pasangan apapun yang Anda rasakan ketika sedang melakukan hubungan seksual supaya sama-sama memberikan kenyamanan dan mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Anda juga bisa mengurangi rasa sakit saat berhubungan seksual dengan cara buang air kecil terlebih dahulu, mandi air hangat, atau minum obat pereda nyeri.

5. Lakukan foreplay

Lakukan foreplay atau pemanasan sebelum mulai berhubungan seperti mencium, memeluk, meraba, ataupun hal lainnya yang mampu membangkitkan gairah seksual.

6. Konsultasi ke dokter

Jika Anda memiliki masalah yang tampaknya tidak wajar seperti rasa nyeri yang berkepanjangan, selalu merasa sakit, ataupun mengalami perdarahan yang tidak normal saat melakukan hubungan seksual Anda selalu merasakan sakit, segera konsultasi ke dokter untuk penangan lebih lanjut.

Nah itulah sedikit artikel tentang Berhubungan Setelah Oprasi Caesar, semoga dengan ini dapat membantu Anda terimakasih…